Pengalaman Ngetrip Ke Jogja 1 Hari Habis 500 Ribu

Pengen tahu berapa duit yang akan kamu habiskan dalam satu hari untuk ngetrip ke jogja? Perlu digaris bawahi, pengalaman ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2019 dimana saat itu masih musim lebaran.

Tahu kan kalau musim lebaran itu tiket kereta bakalan udah habis? Dan benar saja, ternyata tiket kereta dari jurusan Bekasi ke Lempuyangan atau Pasar Senin ke Lempuyangan dari yang harganya Rp 74.000 untuk kelas Ekonomi sampai yang harganya Rp 350.000 saat itu sudah habis semua.


ngetrip ke jogja naik kereta
pengen naik kereta, sumber : pixabay.com

Tapi tenang, karena masih bisa naik bis.

Untuk bisa lihat bis apa saja yang bisa naik di Bekasi dan turun di Jogjakarta kamu bisa cek di aplikasi redbbus ya.

Jangan lupa pilih bis yang agak murah biar duit nggak habis dalam perjalanan doang.

Saran sih kalau mau liburan jauh jangan pas musim lebaran, karena harga transportasi pasti bakalan naik.

Oh iya pengalaman ini titik keberangkatannya adalah kota Bekasi dan tujuan adalah kota Jogjakarta.

Dan hanya seorang saja yang ngetrip ke jogja. Kalau takut sendiri kamu bisa ajak beberapa teman biar perjalanan makin asik.

Tips Sebelum Ngetrip ke Jogja


Tentu saja sebelum ngetrip ke jogja kamu juga perlu berbagai persiapan jadi nggak asal pengen ke jogja terus udah sampe jogja bingung mau kemana.

Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang perlu anda lakukan.


1. Tentukan Tempat Wisata Tujuan

Alasan netrip ke Jogja ngapain sih? Kalau mau berkunjung ke tempat wisata tentu saja kamu perlu mencari tempat - tempat wisata yang pengen kamu kunjungi.

Tapi kalau ke Jogja cuma mau main ke rumah temen sih mungkin kamu bisa mengabaikan poin ini.

2. Tentukan Hari Yang Tepat

Kalau pengen ngertip jauh pastikan kamu sudah memilih hari yang tepat, kalau bisa sih jangan pas weekend pasti tempat - tempat wisata bakalan penuh dan ada potensi naiknya harga tiket masuk atau semacamnya.

Tapi kalau emang bisanya hari itu sih nggak masalah juga.

3. Persiapkan Tiket Keberangkatan

Sebelum ngetrip ke jogja atau kemana saja jika menggunakan transportasi umum itu sebaiknya jangan nyari tiket bis, kereta, atau pesawat secara dadakan ya.

Karena kalau dadakan ternyata nggak kebagian tiket malah bikin rencana jalan - jalan kamu nggak jadi.

Kalau bisa sih sekalian persiapkan tiket pulang pergi. Tapi takutnya kamu betah di Jogja sih yang penting tiket berangkatnya saja dulu dipersiapkan.

Tiket balik bisa pesen pas kamu lagi tiduran di Hotel.

4. Pesan Penginapan

Yap benar sekali, penginapan itu penting untuk kamu tidur tanpa menghawatirkan barang bawaanmu.

Sebenarnya penginapan bisa kamu cari setelah sampai di Jogja karena sekarang ini sudah banyak banget Hotel atau penginapan di Jogja yang harganya beda - beda tentunya.

Untuk mencari Hotel dengan harga yang agak murah bisa pake aplikasi OYO yang bisa jadi pelengkap liburan kamu karena selain harga Hotel yang ditawarkan oleh OYO ini murah - murah ternyata Jogja sudah banyak OYO.

Tapi kalau ketakutan akan tidak kebagian kamar Hotel, kamu bisa memesan kamar Hotel sebelum kamu berangkat ke Jogja.

5. Bawa Bekal

Untuk lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa membawa sedikit bekal yang bisa kamu makan saat dalam perjalanan atau sudah sampai di kota Jogja.

Tahu sendiri kan kalau harga makanan di rest area itu sedikit mahal, ini bisa saja terjadi kalau kamu pesen bis dan nggak dapet makan gratis.

Selain itu bekal juga bisa kamu makan saat mendadak kelaparan dalam perjalanan. Dari pada berakibat sakit mending mengalah untuk membawa sedikit bekal.

6. Jangan Lupa Beli Oleh - Oleh

Ini sih terserah kamu ya, mau beli oleh - oleh atau tidak, tapi kalau kamu lagi menjalankan bisnis jastip sih jangan sampai lupa beli.


Selain tips - tips diatas bagi sobat yang beragama muslim jangan sampai meninggalkan ibadah sholat meski lagi ngetrip ke Jogja.


Saat sampai di Jogja kamu bebas mau kemana saja asalkan jangan sampai hilang aja.

Pengalaman Ngetrip ke Jogja


Tapi berdasarkan pengalaman ini tempat pertama yang dituju ketika sampai di Jogja adalah Pasar Beringharjo yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta.

Pasar Beringharjo ini adalah pasar tertua di Jogja dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta.

Ada banyak jenis barang yang dapat dibeli di Pasar Beringharjo, mulai dari batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji, bahan dasar jamu tradisional, sembako hingga barang antik.

pasar beringharjo
sumber : instagram.com

Oh iya saat itu makan ketoprak habis Rp 15.000 sudah dengan minum di sekitar Pasar Beringharjo.

Tidak jauh dari Pasar Beringharjo kamu juga bisa jalan untuk mengelilingi jalan Nol Kilometer kota jogja.

Sebelum hari makin sore karena tujuan awal ngetrip ke Jogja adalah pengan ke Candi Prambanan, maka langsung saja untuk memesan ojek online dari Pasar Beringharjo ke Candi Prambanan.

Meski emang jaraknya lumayan jauh juga karena kena tarif sampai Rp 54.000 

Tapi di jaman sekarang ini dari pada bingung naik apa kemana pesen ojek online seperti jadi lebih tenang, selain itu kamu juga bisa tanya - tanya tempat wisata yang bagus di Jogja sama ojek online juga buat obrolan di perjalanan.

Bisa dapet tour guide dadakan kan? hehe

Ngomong - ngomong harga tiket masuk ke Candi Prambanan kala itu adalah Rp 40.000 untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak - anak.

Setelah itu istirahat dilakukan sore hari jadi setelah ke Candi Prambanan langsung kembali ke Hotel untuk istirahat karena malamnya akan digunakan untuk jalan - jalan di Malioboro.

Nah, di Malioboro ini kamu bisa menikmati kuliner Jogja dan beli oleh - oleh juga.

Singkat cerita waktu semakin malam dan harus segera tidur untuk menikmati empuknya kasur kamar Hotel.

Meskipun kasurnya nyaman dan pengennya rebahan terus, jangan lupa bangun pagi karena kamu masih harus mencari tiket buat pulang dari Jogja.

Ini kalau kamu ngetrip ke Jogjanya cuma sehari saja ya, kalau ngetri 2 atau 3 hari silahkan lanjutkan tiduran dan liburannya.

Kesimpulan Biaya Ngetrip di Jogja

  • Tarif Bis Bekasi ke Jogja Rp 110.000
  • Kamar Hotel Rp 96.000
  • Makan Rp 40.000
  • Ojek Online : 
    • Terminal Giwangan ke Pasar Beringharjo Rp 17.000
    • Pasar Beringharjo ke Candi Prambanan Rp 54.000
    • Candi Prambanan ke Hotel Rp 50.000
    • Hotel ke Terminal Giwangan Rp 14.000
  • Tiket Masuk Candi Prambanan Rp 40.000
  • Oleh - oleh Rp 50.000
  • Tarif Bis Jogja ke Pangandaran Rp 90.000
Total biaya ngetrip ke Jogja dalam sehari adalah Rp 561.000

Biaya ngetrip sehari di jogja ini bisa saja akan berbeda dengan yang terjadi kapada kamu karena kebutuhan dan tujuan setiap orang pun berbeda - beda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel